Desain Rumah Terbuka

Desain Rumah Terbuka Menjadi Tren Kalangan Milenial

Desain rumah terbuka atau bisa juga kita memanggilnya dengan sebutan bangunan minim sekat nampaknya baru saja naik daun menjadi tren. Kalangan milenial begitu menyukai karakteristik pada bentuk ruangan serba terbuka sehingga rumah miliknya terlihat jauh lebih megah daripada ukuran sebenarnya.

Untuk sejumlah orang, menata rumah dengan gaya open space memiliki tantangan tersendiri yang mesti ia taklukan demi sebuah kenyamanan. Supaya tidak salah jalan dan bisa berhasil menyulap interior tempat tinggal sesuai pakem open floor, kami akan memberikan sedikit saran khususnya bagi anda keluarga muda.

Desain Rumah Terbuka Menjadi Tren Kalangan Milenial

Perencanaan gaya bangunan serba terbuka merupakan bagian dari cabang ilmu desain interior dengan menggunakan seminim mungkin keberadaan sekat. Dengan demikian harapannya akan timbul efek lebih luas sehingga penghuni rumah merasa sangat nyaman dan betah untuk berlama – lama tinggal di rumah.

Salah satu cara paling sederhana dari praktek langsung penerapan konsep rumah terbuka adalah dengan menggabungkan dua ruangan menjadi satu. Misalnya saja kita bisa mulai dari menempelkan ruang makan, dapur, bersebelahan langsung dengan ruang keluarga untuk bersantai secara bersama – sama.

Semenjak revolusi industri tepatnya melampaui tahun 1900 ke atas, sejumlah arsitek memikirkan solusi atas sisi negatif dari rancangan serba tertutup. Setelah melalui serangkaian penelitian, akhirnya mereka menemukan sebuah konsep baru yang telah diadaptasi bernama open floor plan.

Desain Rumah Terbuka Punya Banyak Keuntungan Sehingga Menjadi Populer

Minimnya penggunaan dinding maupun sekat pemisah antar ruangan menjadikan rumah tempat tinggal kita jadi lebih lapang dan lega. Sirkulasi udara dalam rumah pun menjadi lancar dan sehat karena tidak hanya berputar – putar dalam satu area sempit saja dan bisa teralirkan menuju halaman.

Desain rumah terbuka sangat menghindari pembuatan ruangan khusus memasak seperti dapur menjadi tertutup karena merusak arsitektur. Selain ruangan menjadi gelap, hawa panas dari kompor dan asap membuat udara pengap dan mengganggu kesehatan istri tercinta kala sedang memasak untuk keluarga kecilnya.

ruangan terbuka meminimalisir biaya serta efisiensi pemanfaatan ruangan

Suasana dalam rumah pun menjadi lebih hidup tatkala kita memutuskan untuk membuang segala macam sekat yang membatasi pergerakan penghuni rumah. Secara psikologis, ruangan terbuka memungkinkan kita untuk menaikkan taraf kualitas interaksi antar anggota keluarga sehingga hubungan menjadi lebih harmonis dan langgeng.

Katakanlah sang istri sedang menyiapkan makan malam, ia bisa melakukannya sembari menonton televisi yang berada di ruang keluarga. Sementara itu, kegiatan bermain anak – anak di depan televisi pun bisa terpantau lebih efektif sehingga pekerjaan menjadi lebih enteng dan efisien.

Plus – Minus Menerapkan Konsep Open Floor Plan Pada Rumah Tempat Tinggal

Namanya hidup ibarat filosofi yin – yang, di mana segala sesuatu ada kelebihan serta pasti juga terdapat kekurangannya, tak terkecuali open floor plan. Sebelum memutuskan untuk menerapkan konsep desain rumah terbuka, ada baiknya anda memperhitungkan pula dampak negatif yang ditimbulkan olehnya.

Masalah nomor satu dalam pengadopsian konsep open floor yaitu resiko suasana rumah menjadi lebih tinggi tingkat kebisingannya. Segala macam aktifitas bergabung menjadi satu ruangan pastinya menimbulkan ‘tabrakan’ sehingga mengganggu konsentrasi apabila memerlukan fokus penuh manakala WFH.

Plus – Minus Menerapkan Konsep Desain Rumah Terbuka

Menyatunya beberapa ruangan sekaligus sudah pasti menyebabkan privasi anda menjadi lebih kecil khususnya bagi anda orang introvert. Dapat terbayangkan seandainya ada tamu maupun orang asing datang untuk berkunjung, maka ia dapat melihat seluruh kegiatan keluarga karena tidak terdapat penghalang. Kalau sudah demikian, lebih baik konsultasi seputar kesalahan interior rumah menurut feng shui atau para ahli di bidang design interior yang berpengalaman.

Open floor plan seratus persen harus dihindari oleh anda yang notabenenya kekurangan waktu untuk sekedar merapikan isi rumah tempat tinggal. Jika kalian tipe pemalas dan membiarkan peralatan masak menumpuk di tempat cucian dalam kondisi kotor, maka bau tak sedap akan memenuhi seluruh isi rumah.

Lantas, bagaimanakah solusi terbaik untuk menanggulangi berbagai sisi negatif yang timbul akibat penerapan model desain rumah terbuka? Jawabannya sederhana saja, yaitu buat rumah anda minimal ada dua lantai, sehingga lantai dasar bisa menggunakan konsep terbuka, sementara lantai atas banyak sekat untuk privasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *