Rahasia Desain Arsitek

Rahasia Desain Arsitek Supaya Mengubah Mood Anda

Rahasia desain arsitek tidak pernah akan anda sadari apabila seandainya belum mengetahui trik apa saya yang mereka lakukan sebelumnya. Tahukah kalian, bahwasanya susunan tata ruang kota serta bentuk gedung maupun rumah mampu memberikan pengaruh berupa perubahan suasana hati dalam diri.

Gagasan ini awalnya bermula dari pemikiran bahwa jumlah orang yang tinggal di daerah perkotaan kini semakin banyak dan mulai tak terbendung lagi. Sekumpulan arsitek maupun penata ruang perkotaan mencari solusi supaya masyarakat dapat terhibur dengan keberadaan arsitektural bangunan yang indah dan menyejukan hati.

Rahasia Desain Arsitek Supaya Mengubah Mood Anda

Sebenarnya ide barusan bukanlah sebuah hal baru, karena legenda sejarah yaitu Winston Churchill pun pernah mengungkapkannya walaupun tersirat. Ketika Gedung Dewan Rakyat hancur lebur karena serangan bom, ia tidak sembarangan mendesain ulang.

Winston lalu berkata bahwa ketika manusia selesai membangun gedung, maka sang gedung akan berbalik ‘membangun’ diri kita sendiri. Kini lebih dari tujuh puluh tahun terlewati, beliau pastinya akan bangga bila mendapati bahwa ahli psikolog menyetujui statement tersebut berdasarkan landasan ilmiah.

Bermacam ragam gedung maupun bangunan nantinya akan mempengaruhi mood maupun suasana hati seseorang yang melihatnya sekian masa. Ketika sedang melakukan hal tersebut, maka sejumlah sel maupun syaraf di dalam wilayah otak bernama hipocampus akan terangsang dan menjadi sangat aktif.

Rahasia Desain Arsitek Berhubungan Dengan Sisi Psikologis Manusia

Bagaimanapun juga, tidak semua arsitek memikirkan poin tersebut karena ia kurang teliti dan menolak untuk mengerahkan segenap kemampuannya. Padahal, rahasia desain arsitek terletak pada kecermatan dalam menilai efek kognitif yang berpotensial untuk mempengaruhi penghuni lingkungannya.

Misalnya saja pada tren rumah mungil pasti anda akan merasakan bahagia dan mendadak ceria karena melihat desainnya yang ringkas. Pemilihan corak warna – warni pastel lengkap dengan perabotan minimalis membuat semuanya terlihat sempurna dan membuat siapapun betah untuk tinggal di dalamnya.

Rahasia Desain Arsitek Berhubungan Dengan Sisi Psikologis Manusia

Itulah sebabnya sebagai seorang arsitek yang handal dan berpengalaman, maka wajib untuk menuangkan ide sebaik – baiknya pada sebuah rancangan. Desain yang dipikirkan sedemikian rupa akan berbuah baik dan secara tidak langsung telah memberikan kontribusi kepada terciptanya suasana lingkungan tempat tinggal menjadi kondusif.

Ironisnya, ilmu penggabungan antara rancang bangun dan sisi psikologis manusia sebenarnya bisa dipelajari bahkan terdapat pada kurikulum di kampus. Namun faktanya, masih terlalu banyak sekali populasi yang berasal dari profesi arsitek ini khususnya fresh graduate yang tidak berniat untuk menerapkannya dengan sungguh – sungguh.

Untungnya, beberapa saat lalu baru saja diadakan sebuah konferensi akbar bertajuk Conscious Cities yang terlaksana di London, Inggris. Ribuan orang berkumpul terdiri dari arsitek, desainer interior, ahli psikologis, peneliti syaraf manusia, hingga insinyur sekalipun bersatu hati untuk menciptakan penemuan baru di bidang properti.

Desain Yang Mempertimbangkan Unsur Keseimbangan Antara Manusia Dengan Alam

Kita harusnya bisa mengambil contoh baik daripada para perancang tata kota di Tokyo, Jepang, karena mereka terlihat sangat bekerja keras membangunnya. Pemerintah Jepang kini menikmati hasilnya karena bisa mendapatkan sebuah kota metropolitan yang maju namun bisa selaras dengan keasrian alam lingkungan seperti misalnya taman kota raksasa.

Dalam sejarah umat manusia, kita pernah salah langkah dengan menghabiskan seluruh lahan terbuka di perkotaan sehingga habis tak bersisa. Ketika seseorang hidup di lingkungan yang penuh sesak dengan bangunan baik itu ruko maupun gedung pencakar langit tanpa ada ruang hijau, maka ia akan lebih cepat stres dan frustasi.

Rahasia Desain Arsitek Mempertimbangkan Unsur Keseimbangan Alam

Maka dari itu, tidaklah mengherankan apabila angka kematian akibat bunuh diri mendapat sumbangan paling banyak dari warga kota. Penduduk yang tinggal di desa pun hidup jauh lebih sehat dan panjang umur karena terbiasa hidup selaras dengan alam terbuka yang masih jauh dari jangkauan maupun campur tangan manusia.

Berkaca dari hal tersebut, para ilmuwan menyadari bahwasanya rancangan bentuk gedung modern di kota megapolitan memiliki dampak besar terhadap psikologi. Meskipun banyak di antara responden yang mengaku bahwa ia sedang baik – baik saja, nyatanya setelah menjalani tes kejiwaan mereka terbukti mengalami depresi.

Kita harus mulai mengerti bahwa keadaan jiwa yang seperti itu akan berdampak pada kesehatan dalam jangka panjang apabila dibiarkan begitu saja. Ketika sebuah blueprint gedung dirancang sedemikian kompleks dan menarik, ia akan membawa pengaruh positif yang akan menaikkan harapan hidup manusia urban di kota besar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *